Pangdam Instruksikan Personelnya Fokus Amankan Pemilu 2019

Makassar, Sulsel – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi menginstruksikan personelnya agar fokus mengamankan Pemilu 2019 untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

Hal itu diucapkan Pangdam saat memberikan amanat pada 978 orang prajurit TNI dari berbagai kesatuan ketika upacara Pelatihan Pengamanan (PAM) Pemilu Kodam XIV/Hasanuddin Tahun 2019 di Makassar, Senin.

Menurut dia, PAM Pemilu 2019 ini dimaksudkan untuk mengawal pesta demokrasi yang dilakukan sekali dalam lima tahun. Sesuai agenda Pemilu untuk Pilpres dan Pileg dijadwalkan pada 17 April 2019.

Adapun personel Kodam XIV/Hasanuddin yang ikut pelatihan PAM Pemilu 2019 tercatat 978 orang dari berbagai kesatuan. Selama pelatihan, personel TNI akan mendapatkan materi terkait komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan obyek vital, prosedur pengarahan personel, komunikasi dan informasi serta aplikasi pengawasan Pemilu.

“Kegiatan ini digelar untuk membekali prajurit TNI dalam mengawal pesta demokrasi berjalan tertib, aman dan lancar. Terutama dalam tugas mengamankan objek-objek vital,” ujar Surawahadi.

Objek vital yang dimaksud di antaranya Kantor Gubernur, DPRD,  KPU dan Bawaslu, termasuk kantor Ombudsman.

Kegiatan upacara PAM Pemilu 2019, turut hadir Kasdam Brigjen TNI Budi Sulistijono, Irdam, para staf ahli Pangdam, Asisten Kasdam, Perwira LO AU/AL, para Dansat dan Kabalak Kodam XIV/Hasanuddin. (Ant)