KPU Sosialisasi Pemilu di Rutan Mamuju

Makassar, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju melakukan sosialisasi pemilu 2019 kepada para narapidana  (napi) dan tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Mamuju.

Kegiatan sosialisasi yang bertema “Gunakan hak pilih untuk menentukan nasib bangsa” itu diikuti 50 orang perwakilan napi/tahanan dari 176 orang yang terdaftar pemilih tetap (DPT) di Aula  Rutan Mamuju, Sabtu (16/3).

Sosialisasi Pemilu tersebut disampaikan Ketua KPU Mamuju Hamdan Dankang bersama Komisioner KPU Mohammad Rivai dengan materi tentang daftar pemilih, tata cara pencoblosan, larangan pada pemilu  dan hal teknis lain terkait pemilu.

Secara terpisah Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulbar Harun Sulianto mengapresiasi kegiatan itu dan berterima kasih kepada KPU Kabupaten Mamuju.

“Saya sudah perintahkan kepada para kepala Lapas dan Rutan di Sulbar untuk berkoordinasi dengan KPU setempat terkait sosialisasi pemilu dan daftar pemilih tambahan ( DPTb) karena pemilih yang sudah  terdaftar, tapi karena ditahan atau menjalani pidana, sehingga harus pindah memilih di TPS lapas /rutan maka harus difasilitasi agar haknya dapat digunakan,” ujar Harun.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi pemilu tersebut meningkatkan partisipasi napi/tahanan serta dapat menekan tingkat kesalahan pencoblosan, apalagi pemilu kali ini ada lima surat suara karena bersamaan pemilu presiden  dan pemilu  legislatif.

Sementara Kepala Rutan Mamuju Abdul Rahman menyebutkan sebanyak 176 orang DPT  itu terdiri atas 154 laki-laki dan 22 perempuan, 15 orang di antaranya berusia di atas 50 tahun dan 13 orang yang pendidikannya sampai setingkat SMP. (Ant)